Dalam beberapa dekade terakhir, kurikulum pembelajaran di SMPsudah semakin meningkat. Saat ini proses belajar tata bahasa inggris pun mengalami perkembangan, dengan melakukan beberapa metode dan pendekatan berbeda kepada siswa. Termasuk dengan metode belajar menulis bahasa Inggris untuk remaja SMP.
Dari sebuah sumber riset terpercaya yang didapat dari salah satu petinggi sekolah mengatakan, “bahwa siswa SMP lebih temotivasi menulis teks deskriptif bahasa Inggris dengan menggunakan media gambar.” Jika dilihat efek positifnya terhadap motivasi dan perkembangan siswa, metode tersebut bisa diaplikasikan demi meningkatkan perbaikan kualitas ketrampilan menulis mereka.
Cobalah buat beberapa gambar berantai, kemudian ajak siswa untuk mendeskripsikan gambar-gambar tersebut ke dalam sebuah tulisan bahasa Inggris. Sebaiknya jangan dulu menjadikan grammar sebagai poin penilaian saat pertama kali belajar menulis bahasa Inggris untuk remaja SMP, melainkan nilailah pola kalimat bahasa Inggris mereka, apakah cukup baik dalam menangkap maksud dari gambar dan mendeskripsikannya atau belum.
Jika siswa dinilai telah mampu memahami pola penulisan kalimat bahasa Inggris, ditambah vocabulary yang semakin kaya. Langkah belajar menulis bahasa Inggris untuk remaja SMP selanjutnya adalah, dengan menekankan pemahaman grammar terhadap karya tulis mereka. Berikan beberapa penilaian-penilaian penting untuk mereka yang telah mampu menyusun kalimat dengan grammar yang baik.
Pantaulah kemampuan menulis siswa dari waktu ke waktu, dan bila menemukan beberapa siswa yang kurang bagus perkembangannya di kelas, jangan ragu untuk merekomendasikan belajar menulis bahasa Inggris untuk remaja SMP di tempat kursus. Sebab disana mereka tak hanya akan memperoleh metode efektif dalam menulis teks bahasa Inggris saja, melainkan metode belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara menyeluruh.
Sumber: http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/composition/belajar-menulis-bahasa-inggris-untuk-remaja-smp.aspx
0 comments :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !